RSS

KONSUMEN DAN ANALISIS PASAR

BAB 4

KONSUMEN DAN ANALISIS PASAR

I.    Mengenal Konsumen

Untuk mengenal konsumen, pertama-pertama lakukanlah rise tats customer base-nya. konsumen saat ini mungkin saja merupakan pasar paling penting. Kenalilah sebanyak mungkin mengenai siapa sebenarnya konsumen Anda sekarang , dari mana mereka menemukan anda, apa yang mereka suka dan tidak suka mengenai anda. Gunakanlah hasil survey konsumen,random interview, feedback sheet dan insting bisnis sebanyak mungkin. Pengklasifikasian konsumen juga akan membantu memahami kebutuhan mereka. Hal yang tidak kalah penting adalah data konsumen .

–          Survei kepuasan user

Ada baiknya mempergunakan informasi survey konsumen untuk mencari tahu lebih banyak mengenai konsumen. Bagilah konsumen menjadi beberapa group atau segmen berdasarkan :

  • Umur, pendapatan atau gender.
  • Profesi atau tingkat pendidikan.
  • Tipe perusahaan atau industry.
  • Berapa banyak disposable income yang mereka miliki.

–          Focus group

Menggunakan focus group akan membantu anda untuk lbih memahami konsumen dan apa pendapat mereka atas produk dan layanan yang diberikan. Teknik focus group, yaitu konsumen dikumpulkan jadi satu kemudian ditanyai pendapat mereka oleh fasilitator professional. Dalam hal ini focus groupakan memakan banyak waktu dan usaha dibandingkan melakukan survey. Keinteraktifan focus group dapat menghasilakn umpan balik yang lebih jelas disbanding survey .

 

II.   Analisis Pasar Terpenting

web plan harus memuat penjelasan mengenai segmentasi pasar, fokus pasar sasaran, dan ramalan pasar. Disamping itu, web plan juga harus menyertakan informasi detail tentang setiap segmen pasar sasaran.

 

III.  Membangun Asumsi

Ketika mengestimasi jumlah total pasar potensial,perusahaan harus membuat dasar asumsi yang luas .

III.1. Pengumpulan Informasi Pasar

Informasi pasar dalam jumlah besar sebenarnya sudah tersedia, alternative untuk mendapatkannya dengan mencari di Internet. Sumber-sumber tersebut biasanya terdapat dalam website atau dipublikasikan melalui site pencairan.

III.2. Analisi Kompetitif Perusahaan

Siapa sebenarnya yang bersaing dengan perusahaan untuk waktu konsumen dan uang? Apakah mereka menjual secara langsung produk atau layanan saingan, subtitusinya atau kemungkinan yang dapat menjadi subtitusi? Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan mereka ?

III.3. Informasi Tentang Pesaing

Banyak data-data marketing berguna yang dapat ditemukan di Internet,umumnya gratis. Akses perusahaan terhadap informasi pesaingnya sangat bervariasi dan sangat tergantung di mana kita berada dan siapa pesaing tersebut. Informasi pesaing bisa jadi sangat terbatas di saat pesaing tersebut menyelenggarakan diri secara privat.

III.4. Analisis Segmen Sasaran

Gunakan survey konsumen, random interview,feed back sheet dan intuisi sebanyak mungkin. Ketahuilah sebanyak mungkin yang dapat diketahui tentang keberadaan konsumen yang ada sekarang.

–          Riset,eksplorasi,dan penjelasan

Untuk setiap segmen pasar, analisis pasar haruslah menjelaskan sebisa mungkin tentang konsumen sasaran yang termasuk dalam group.

  • Diskripsi segmen

Perlu adanya penjelasan dasar dari setiap segmen sasaran yang di dalamnya menyertakan atribut yang mengkategorikan segmen tersebut.

  • Kebutuhan dan Keinginan

Marketing yang paling baik adalah marketing yang selalu memfokuskan pada kebutuhan konsumen.

  • Saluran distribusi

Apa yang menjadi standar saluran distribusi bagi segmen konsumen ? tetapi untuk keseluruhan kasus, perlu diketahui ke mana konsumen pergi untuk memuaskan kebutuhan dan persyaratan yang telagh diidentifikasi sebelumnya.

  • Kekuatan kompetitif

Ketahuilah proses pembelian bagi konsumen sasaran. Beberapa segmen lebih terfokus akan kualitas daripada harga dan beberapa dari konsumen lebih perhatian dengan keberadaan dan kenyamanan.

  • Komunikasi

Carilah informasi ke mana harus mengirimkan komunikasi marketing, seperti advertising dan press release sehingga dapat ditemukan oleh konsumen yang tepat.

  •  Kunci sukses

Factor-faktor kuncinya akan berbeda diantara segmen yang ada,termasuk juga harga, nilai, ketersediaan, image, feature, keuangan, kebijakan upgrade atau pengembalian dan custumer service.

IV.Riset Pasar

Riset pasar adalah sebuah proses pengumpulan informasi tentang pasar anda. Harapannya ,informasi ini adalah informasi spesifik tentang pasar sasaran dan factor-faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka. pilihlah bentuk riset pasar yang sekiranya cocok dengan perusahaan anda. Riset pasar memang sering membingungkan karena proses rumit yang dibuat oleh pihak ketiga yang memakan banyak waktu dan biaya.

IV.1. Primary Market Research

Primary market research adalah riset yang dilakukan sendiri,bukan dari informasi yang didapat dari data yang telah di publikasi.

  1. Focus groups
  2. Survei konsumen
  3. Persaingan perusahaan

IV.2. Secondary Market Research

Secondary market research adalah informasi yang telah dipublikasikan oleh pihak lain dan dapat dipilih mana yang relevan.

 

Tinggalkan komentar